Jumat, 12 Juni 2015

PREVENTTION IS BETTER THAN CURE

Ada dua hal yang bisa lakukan untuk sebuah kemajuan, pencegahan adanya kemunduran dan upaya peningkatan berkesinambungan.

Upaya peningkatan, yang tidak dibarengi dengan pencegahan terhadap hal - hal buruk yang menyebabkan kemunduran, sama saja dengan jalan ditempat, atau bahkan mundur.

Ketika sesuatu yang lebih buruk terjadi, effort yang diberikan untuk memulihkan kembali ke titik awal saja, jauh lebih besar daripada biaya dan sumber daya yang digunakan untuk meningkatkan diri. Itulah dampaknya apabila kita tidak mencegah hal buruk terjadi.

Indonesia Prefentive Care lahir dari sebuah keinginan untuk menggugah masyarakat untuk memiliki upaya pencegahan, bukan terus menerus disibukkan oleh upaya pemulihan yang terjadi. Tidak semua hal bisa kita cegah, dan itu membuktikan betapa terbatasnya diri kita, namun ada banyak hal lain yang bisa dicegah sehingga kita tidak mengalami hal - hal yang seperti " kemalingan."

Contohnya dalam hal kesehatan. Dewasa ini, banyak sekali penyakit yang bisa terjadi akibat kebiasaan buruk, baik itu dalam hal makanan maupun pola dan gaya hidup. Berapa biaya yang dikeluarkan untuk proses penyembuhan, saat seseoranng tiba - tiba terkena stroke, PJK atau penyakit ginjal kronis ? Berapa anggaran yang dihabiskan untuk merawat masyarakat untuk dana tersebut ? Dan berapa waktu serta kesempatan terbuang karena ketidakmampuan yang seharusnya bisa dihindarkan ?

Visi :
1. Masyarakat Indonesia yang cerdas, mandiri dan sehat.
2. Masyarakat Indonesia yang kesejahteraannya semakin meningkat, bukan menurun
3. Masyarakat Indonesia yang siap menghadapi tantangan dan kondisi ekonomi, sosial dan perubahan - perubahan.

Misi :
1. Memberikan pendidikan secara non formal kepada lapisan masyarakat dalam upaya pencegahan
2. Memberikan dukungan nyata melalui aktifitas perbaikan lingkungan dan pendampingan.

Ruang Lingkup :
1. Kesehatan Masyarakat & Lingkungan
2. Finansial
3. Psikologis
4. Gizi






Tidak ada komentar:

Posting Komentar